Berlibur ke Air Terjun Sekumpul

Berlibur ke Air Terjun Sekumpul
http://4.bp.blogspot.com/-n3PRrOr1Pno/UcFQq9fWFYI/AAAAAAAADCg/kWrPyRlL_SA/s72-c/IMG_1909.JPG
Bali memang terkenal dengan wisata alamnya. Bagi para wisatawan, wisata pantainya sangat terkenal. Tapi, tahukah Bali juga memiliki beberapa wisata pegunungan yang identik dengan air terjunnya yang menawan terutama di Bali Utara seperti Air Terjun Gitgit yang sudah dikenal di kalangan wisatawan. Bali Utara memang terkenal memiliki banyak air terjun namun karena sarana dan prasarana yang menunjang pariwisata belum memadai sehingga banyak obyek wisata air terjunnya yang kurang dikenal. 

Air Terjun Sekumpul, disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Bali. Air terjun tersebut terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Air Terjun Sekumpul ini dinamakan "Sekumpul" karena di lokasi tersebut terdapat setidaknya tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan (apalagi jika musim hujan katanya jumlahnya bisa bertambah). Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m. 

Untuk melihat Air Terjun Sekumpul dari dekat, memang butuh sedikit usaha dan perjuangan. Yang membuat air terjun ini berbeda dari air terjun kebanyakan. 



 

Perjalanan menuju air terjun Sekumpul cukup jauh yaitu berjarak sekitar 76 km dari Denpasar atau 20 km dari kota Singaraja (1 jam waktu tempuh).  Jika dari kota Denpasar arahkan kendaraan menuju Bedugul atau Singaraja. Setelah melewati Kawasan Wisata Bedugul, teruskan perjalanan menuju arah Gitgit/Singaraja. Lalu, arahkan kendaraan melewati Jalan Raya Sangsit menuju Desa Bungkulan. Saat sampai di pertigaan Jagaraga (sekitar 10 km dari Bedugul) arahkan kendaraan ke arah Tenggara (ada plang nama Sekumpul Waterfall di kanan jalan) dan ikuti jalan tersebut sampai sejauh 12 km hingga sampai di Desa Sekumpul (di sepanjang jalan menuju air terjun ini akan dijumpai banyak pertigaan yang tidak ada rambu-rambunya sehingga harus banyak bertanya ke penduduk setempat agar tidak nyasar).

Sampai di Desa Sekumpul, anda akan melihat papan petunjuk jalan menuju Air Terjun Sekumpul dan beloklah ke arah kanan. Kemudian anda akan melalui jalan tanah berbatu. Selanjutnya, Anda akan melihat pintu masuk ke air terjun ini ada di sebelah kiri jalan berupa jalan sempit yang menurun, dari sini jalan hanya bisa dilalui dengan motor saja (mobil tidak bisa melewatinya). Ikuti jalan kecil tersebut sejauh kira-kira 1 km hingga tiba di tempat parkir. Kondisi jalan kecil tersebut adalah jalan kampung yang berbelok-belok naik turun. Sampai di tempat parkir, anda harus berhenti dan memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan oleh penduduk setempat karena medan yang tidak memungkinkan (jalan menurun dan licin). Dari tempat parkir, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau ^^.


 Tempat parkir 

Dari tempat parkir menuju air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah di-paving. Kondisi jalan paving banyak yang menurun dengan curam dan di beberapa tempat sangat licin karena berlumut. 

 Melewati jalan setapak berpaving

Selanjutnya setelah jalan paving habis, bila ingin mendekati ke dasar air terjun harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam di beberapa tempat dan menyebrangi sungai yang lumayan dalam (sepaha orang dewasa).


 Menuruni ratusan anak tangga

Menyebrangi sungai

Selanjutnya, jalan berganti menjadi jalan tanah yang sempit (jalan setapak) hingga tiba di lokasi air terjun. Air Terjun Sekumpul bukan hanya terdiri dari satu atau dua air terjun. Setidaknya ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan, yang bisa dilihat dari bale bengong. 

 Pemandangan air terjun Sekumpul dari bale bengong

 Air Terjun Sekumpul dilihat dari dekat

Tujuh air terjun tersebut tersebar di tebing-tebing yang tinggi dan dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Ketujuh air terjun tersebut memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda. Makanya Air terjun ini disebut Seven Points Waterfall.

 Air terjun lain yang letaknya berjauhan







Berita Terkait Lainnya:

Share this product :