photo Dewata_zps19e63d5d.gif

Buleleng Festival Akan Dirangkaikan Dengan Endek Carnaval

Buleleng Festival Akan Dirangkaikan Dengan Endek Carnaval
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTn4MQU31CrTZxmXgfr4RBCpVaQvto8o6lJaJRyeLf4D1pmqBIRuK2nLz0ZVsFL1xMzM-f2ySp1kcXFGo4PSO7V2Mx36hhJnHOsWOjEkZYiBF7O2knNJkBLgnH2so-S5R-QG8KczDpuA/s72-c/20140702175738.jpg
BULELENG,
Buleleng Festival merupakan kegiatan budaya yang menampilkan kombinasi seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial yang membawa Buleleng menuju sebuah pelestarian, kreasi, inovasi dan promosi yang terintegrasi. Bentuk pertunjukkannya meliputi beragam budaya lokal, seni kontemporer, industri rumah tangga, kuliner, literatur dan musik. Target output dari kegiatan ini adalah dokumentasi Buleleng serta publikasi online dan offline. Akhirnya, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk terus menggali potensi yang dimiliki Buleleng serta menjaga kelestariannya dan dalam waktu yang bersamaan meningkatkan pergerakan pertumbuhan perekonomi masyarakat Buleleng.

Penyelengaraan Buleleng Festival tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Secara konsep penyelenggaraannya masih sama dengan tahun lalu, namun dengan tema yang berbeda yakni; The Dynamic of Buleleng, Buleleng berdinamika secara sosial, kultural, geografis dan heterogenitas populasi/demografi. 

"Makna dari tema ini akan diterjemahkan dalam berbagai kegiatan dan penampilan yang akan berlangsung dari tanggal 6 Agustus  hingga 10 Agustus 2014 yang dirangkaikan dengan kegiatan Buleleng Endek Carnival (BEC)," ungkap Ketua Panitia Bulfest, Gede Suyasa, Rabu (2/7/2014).

Sementara, Buleleng Endek Carnival (BEC) merupakan kegiatan fashion yang bertujuan menggali dan mempromosikan potensi fashion di Buleleng. Tenun endek sebagai kain ciri khas Bali digunakan sebagai materi utama dalam perancangan busananya. Berbagai kegiatan juga dilaksanakan terkait BEC meliputi; karnaval yang akan diikuti oleh kurang lebih 150 orang berbusana karnaval, 1 grup adi merdangga, 3 grup marching bands, mobil hias dan dokar/kereta hias dimana estimasi jumlah peserta karnaval ini bisa mencapai 500 orang. Adapun tema dari karnaval ini adalah potensi bahari/biota laut di Buleleng. Selain karnaval, dalam kegiatan BEC juga akan diadakan Fashion Exhibition/Show dan pemutaran video dokumenter mengenai potensi pertenunan endek di Buleleng.

Berita Terkait Lainnya:

Share this product :