photo Dewata_zps19e63d5d.gif

Pura Segara Rupek Ujung Baratnya Buleleng

Pura Segara Rupek Ujung Baratnya Buleleng
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8GX26nOvjFCeqSkft5usHNOIgNOaChWPU7F_nLZO_5LOupvTqBgmgtiGzk6kJfpxApcsXNLfotuXkXL828V6hl1Y0jR4FwB_nOSUaZlLaNqc2CCHi8Rrviphbk1LLNeeKAt_ig80ikA/s72-c/segara-rupak02.jpg

Berita Buleleng,

Memang tak banyak yang tahu, dimanakah ujung terjauh Bali di bagian baratnya?? banyak yang mengatakan di Gilimanuk, namun sebenarnya dilihat dari segi lintang pada peta, Batas Bali pada bagian Baratnya adalah  di Segara Rupek. Dalam peta Pulau Bali, lokasi Segara Rupek ini tepat berada di ujung atau pada hidung Pulau Bali. Ini masih termasuk wilayah pemerintahan Kabupaten Buleleng. Dari sinilah sesungguhnya jarak terdekat antara Bali dengan pulau Jawa dan di sini juga secara historis kisah pemisahan Bali dengan Jawa dimulai, sehingga Bali menjadi satu pulau yang utuh dengan berbagai ke unikannya.

Bisa dimengerti apabila tak banyak orang Buleleng yang tahu betapa penting dan strategisnya keberadaan Segara Rupek bagi Bali. Minimnya orang yang ingin mempelajari sejarah menjadi penyebabnya. Untuk itu diperlukan kajian serta penelitian mendalam agar masyarakat luas tau bahwa Segara Rupek memiliki nilai historis yang begitu tinggi.


Berita Terkait Lainnya:

Share this product :