photo Dewata_zps19e63d5d.gif

Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra

Wearable Device Khusus Untuk Penyandang Tune Netra
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhm0IOvkqIRzOcv99zb_UkNzB9h_tcD30-2Alv5izjbmiIZ32Vy6Qf86BrfgR2JeVFS36rrJSQ0XOqdHdz3pk0vJtB4VlBGSghEkWDmRc5F-7dMW7iWiBbaU7623GYtDtom2fP3ZQU2wQ/s72-c/FingerReader.jpg
Tech News,
 Mengorek sedikit sejarah, pada kisaran tahun 1829 ada seorang ilmuwan berasal dari Prancis yang sukses mengembangkan sebuah metode agar para penyandang tuna netra mampu membaca dan menulis dengan sistem yang hingga kini di kenal dengan huruf Braille. Namun meskipun demikian pengguaan huruf braille memang di khususkan dan terbatas saja penggunaannya. Belajar dari sejarah dan gagasan yang di miliki oleh Louise Braille tersebutlah beberapa peneliti dari Messachusetts Institute of Technology (MIT) mencoba untuk mengembangkan sebuah varian wearable device baru yang di khususkan untuk para penyandang tuna netra. Perangkat yang mampu di aplikasikan ke tubuh tersebut nantinya akan berbentuk cincin yang mempunyai namaFingerReader.
Alat dengan bentuk cincin dapat di kenakan pada jari peyandang tuna netra ketika hendak membaca buku. Dengan kamera yang tersemat di dalamnya, FingerReader akan mendeteksi secara langsung tulisan yang ada di buku dan membacakannya untuk para tunanetra melalui speaker internal yang mampu menghasilkan suara cukup keras. Menurut pengembangnya,FingerReader ini sudah menggunakan software yang cukup sensitif untuk mengenali teks meskipun jarak kamera FingerReader dengan buku tidak stabil. Sebenarnya sudah pernah ada teknologi berupa aplikasi pintar yang dapat membantu para peyandang tuna netra untuk melihat. Aplikasi yang bernama TapTapSee untuk Android dan iOS tersebut memanfaatkan kamera smartphone untuk memberikan informasi tentang objek yang berada di hadapan penggunanya. Dengan adanya FingerReader ini kita dapat berharap lebih agar wearable device tersebut bisa di gunakan untuk para Tuna netra di seluruh dunia, namun tentunya di butuhkan fitur penerjemah antar bahasa. Hanya saja hingga saat ini masih belum ada informasi apakah nantinya FingerReader akan menjadi unit produksi atau sekedar prototipe saja. 

VIA :http://oketekno.com/

Berita Terkait Lainnya:

Share this product :